Jumat, 27 Agustus 2010

Belajar Piano / Keyboard

Bagaimana sih belajar Piano/Keyboard??... Mau tau..?? sebelumnya saya beri tahu apa bedanya Piano dengan Keyboard, kalau Piano itu suatu instrumen musik yang hanya mempunyai satu karakter suara,yaitu suara piano, lain dengan keyboard yaitu suatu instrumen musik yang bisa me-cover semua karakter...,bisa suara piano,synthesizer,gitar,bass,dram,dll.
Berikut ada beberapa tips mengenai dasar untuk belajar main piano/keyboard;

FINGERING
Latihan fingering ini di tujukan supaya posisi jari dan tangan kita ada di posisi yang benar.. Juga untuk memperlancar jari kita saat bermain di atas tuts piano atau keyboard dan jari tidak kaku hingga jari berada dalam posisi sempurna, latihan jari ini mencakup tangga nada Cadence.

TOUCHING
Latihan untuk touching ini di tujukan supaya mengerti interpretasi dalam bermain musik. tidak cuma sekedar bermain musik tapi harus keluar dari hati kita. dengan membedakan dimana saat bermain lembut atau keras, aksen yang tepat,dinamika, feeling dan ekspresi

RHYTHM dan TEMPO
Latihan ini supaya kita mengenal semua jenis Instrument dan iramanya, dan juga memahami harga notes , ketukan, dan rhythm pattern.

RHYTMIC
beberapa tentang TIME SIGNATURE jenis ketukan 2/4,3/4,4/4,3/8,6/8,dsb.

HARMONY
Latihan ini supaya kita bisa lebih kaya dalam mengembangkan pola chord yang kita pakai dalam sebuah lagu, juga mengembangkan bunyi yang dihasilkan dari kumpulan chord yang kita mainkan. manfaatnya bisa memperluas cara kita bermain dalam konteks untuk mengiringi penyanyi.

READING
belajar sekumpulan catatan musik dalam bentuk partitur not balok, not angka. Terdiri dari tablel Clef (kunci G) untuk melody,dan Bass Clef (kunci F) untuk bass. ada beberapa jenis KEY SIGNATURE yaitu sharp (#) atau flat (b). dengan melihat tanda tersebut dengan sendirinya kita sudah tau kalau lagu itu dimainkan dengan nana apa..
Jelas itu akan sangat mempermudah dalam bermusik..

2 komentar:

  1. tentang cara recording musiknya kapan nh bro??heheh

    cara gunain software musik ky nuendo,fruity loops??? d tunggu ya bro...hehhe =D

    BalasHapus
  2. @Zainuddin
    Ditunggu aja mas.. Dalam waktu bulan ini saya postingkan cara recording. Thanx partisipasinya..

    BalasHapus